Sabtu, 29 Desember 2012

HONDA JAZZ RS mobil review

Berbicara Jazz RS sama saja dengan mendiskusikan sebuah fenomena menarik di mana sejak tahun 2003 untuk pertama kalinya Honda mampu menjual tipe mobil dengan volume penjualan 3 besar Nasional. Dan versi terbaru yang diluncurkan tahun lalu, terlihat sangat siap meneruskan kesuksesan pendahulunya. Lihat saja, walaupun Mazda2 mengusung desain unik, Honda Jazz seakan memiliki ciri tersendiri. Bentuk eksteriornya terkesan dewasa dan modern, sembari tetap mencirikan sebuah lazz. Interiornya juga senada dengan bentuk dasbor berkontur menarik dan dilengkapi instrumen berkualitas tinggi. Di dalam, Anda akan benar-benar mengapresiasi kemampuan akomodasi Jazz RS.

Ia rnemiliki leg room, head room, dan kapasitas bagasi terluas dalam Tes Jalan kali ini. Penumpang setinggi 180 cm pun masih bisa duduk nyaman di jok belakang. Kehadiran bangku Ultra Seat seperti di Jazz sebelumnya juga membuat kepraktisannya luar biasa. Saat berada di balik kemudi, kita juga akan dibuat terpukau dengan posisi mengemudi begitu ergonomis yang ditawarkan. Selain bentuk jok dan setir suportif, pengaturan kemudi juga bisa maju rnundur, membuat Jazz cocok dengan berbagai postur pengemudi. Di atas kertas, mesin Jazz sanggup memuntahkan 120 dk yang berarti paling bertenaga di antara rivalnya. Dan itu terasa ketika kita melakukan akselerasi. Tarikan di putaran bawah memang halus, tapi begitu melewati 3.000 rpm mesin langsung memberi akselerasi kuat sampai mendekati 7.000 rpm. Apalagi versi matik dilengkapi paddleshift yang membuat kita bebas menentukan posisi gigi transmisi. Tak heran kalau mobil ini begitu meraja di berbagai arena balap. Dan hebatnya lagi, tenaga terbesar itu masih diiringi konsumsi bbm paling hemat. Di rute kombinasi, lazz sanggup menyentuh angka di atas 14 km/liter. Sangat impresif mengingat dimensi Jazz juga yang paling besar di tes ini. Kunci kehematan ini terletak pada teknologi mesin serta bentuk bodi aerodinamis. Tapi memang ada yang membuat kami sedikit kecewa. Walaupun mobil tes kami adalah varian RS yang merupakan termahal, beberapa fitur belum hadir. 

Sebut saja foglamp serta tombol audio di setir. Untuk beberapa tipe konsumen, hal ini menimbulkan kesan kurang mahal. Dan lagi, pemilihan unit audionya mengecewakan, karena sinar dari panel audio sama sekali tak terbaca saat siang hari. Meski begitu, Jazz adalah rival yang sangat tangguh. Harga mahalnya sangat terasa ditujukan untuk meninggikan kualitas serta riset teknologi di dalamnya. Butuh kerja keras membuat mobil yang bisa melibas lazz. 
Poin utama 
 1. PERFORMA 
Tak dapat dipungkir bahwa Honda begitu piawai dalam meracik mesin bertenaga dan hemat bbm. Teknologi i-VTEC menjadi bukti bahwa Jazz menjadi yang terkencang di antara kompetitornya, namun tetap efisien dalam hal konsumsi bbm. 
 2. KEPRAKTISAN
 Perpaduan kabin luas dan teknologi ultra seat membuat Jazz begitu praktis dalam hal akomodasi barang maupun penumpang. Proses pelipatan bangku mudah dan batas bibir bagasi rendah kian membuatnya lebih praktis 
 3. POSISI MENGEMUDI 
Rendahnya posisi mengemudi tak membuat visibilitas Jazz terganggu. Apalagi posisi lingkar kemudi dapat diatur secara reach and rake sehingga Pengendalian Jazz tetaP optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar