Sabtu, 26 Januari 2013

Morris Mini 1000 Th 1952

Perjalanan Sang Flamboyan.   Keretakan yang terjadi sejak awal dalam pengembangan konsep Morris Mini mengganggu produktivitas tim penggagasnya. Untunglah masa suram selama 23 tahun itu berakhir dengan tinta emas.  Morris Mini 1OO0 atau lebih dikenal  dengan nama Morris Minor d Benua Eropa. Terlahir dari group Austin AUSTIN yang membuat beberapa tipe mobil. Seri pertamanya diluncurkan pada 1948 yang bersamaan dengan perayaan gelar para bangsawan kerajaan lnggris. Jubileenya (pameran megah) hanya dirayakan setiap 10 tahun sekali yang langsung dilaksanakan oleh kerajaan lnggris. Sebetulnya riskan juga mengadakan pameran otomotif megah saat itu. Tapi karena Jaguar meluncurkan sportscar XK120, semua orang dapat melupakan suasana pasca perang.   

Superstar flamboyan yang disambut antusias para penggemarnya adalah gambaran popularitas Morris Mini di Eropa. Bahkan, si Mini bisa menjangkau berbagai kalangan, dari menengah sampai atas. Rupanya, rancangan awal Morris Mini mendapat sentuhan berkelas dari para disainer otomotif papan atas Inggris  yang berasal dari kubu Austin dan Ford. Salah satunya, Sir Alec Issigonis yang menjadi ikon dunia otomotif Inggris. Alhasil, penampilan Morris Mini dinilai para pengamat otomotif Eropa sebagai revolusi baru karena bentuk dan karakter mobil saat itu tidak banyak berubah selama satu dasawarsa sampai perang dunia berakhir. Pengendaraan dan pengendalian Monis Mini tergolong nyaman, tapi bermasalah dengan mesinnya.

Para pemakainya beberapa kali mengkritik  soal mesin yang memang sejak awal jadi bahan silang pendapat para perancangnya. Karakter mesin dan girboksnya sih memang cocok, hanya kapasitas dan radius putarnya membuat Mini harus mengambil ancang-ancang dari jauh untuk menyalip atau membelok. Kendati berukuran kompak, Mini cukup potensial untuk meraih sukses komersil sekaligus  bersaing melawan VW Beetle.  Awal Keretakan Dalam perjalanannya, laju Monis Mini malah melambat. Penjualan produknya secara keseluruhan kalah dibanding Rover dan BMW. Berbeda dengan peluncuran perdananya yang penuh harapan. Manajemen yang kurang jeli melihat pasar  menyebabkan bagian pemasaran salah membuat strategi. Sukses dari sisi produk ternyata tak membuat masalah menladi hilang. Para pejabat yang dulunya berada di bawah payung "British Motor lndustry" membuat konflik antar pekerja semakin talam.

Bekerja di bawah tekanan mengakibatkan ketidakpuasan selumlah pihak terhadap kebilakan pendiri Morris Motor dan pemiliknya; Lord Nuffield dan William Morris, yang hobi merebus telur. Para pekerja ingin tahu arah perusahaan dan menuntut perombakan ulang susunan pimpinan perusahaan.  Walau nyaris bubar, Morris tetap melanjutkan produksi Mini secara perlahan namun pasti dari .1948 hingga 1970. Akhirnya Morris menutup riwayat Mini dengan seri V. Itulah takdir akhir suatu hasil karya flamboyan di dunia otomotif yang dikagumi dunia dari kerajaan Inggris.  MORRIS MIINOR 1000 1952.  Morris Minor 1000 1952 milik Bambang dari Bulak Rantai ini termasuk dalam Jajaran target para pemburu dan pencinta mobil klasik. Selama masa produksi sepanjang 23 tahun, jumlah totalnya mencapai 1.619.857unit yang ditambah van dan pikap sebanyak 326.627unit. Disain abadi Morris Mini: Konstruksi monokok (tanpa sasis). Suspensi depan lndependen dengan torsion bar Rack dan pinion sistem kemudi. Gaya modern. Roda 14 inci. 

Tampak luar Mini memang seperti sebuah mobil mini, namun setelah masuk ke kabinnya, kesan sesak berubah jadi nuansa akrab dan bersahabat. Pada dasarnya mesin Monis 1000 tidak dirancang untuk lomba balap, namun untuk operasional sehari-hari termasuk "cepat."   Lampu keluaran asli Morris Mini memiliki model dengan ciri khas tersendiri. Gril bergaris yang tepat di belakangnya menutupi radiator dengan posisi sedikit agak tinggi karena memakai teknologi sistem pendingin Amerika. Melalui model orisinal, Morris Minor mengeluarkan varian 2 pintu Tourer dengan tingkat kenyamanan sekelas sedan menengah. Varian ini diproduksi pada September 1948 sampai 1952. Sedangkan tipe 4 pintunya meluncur pada Oktober 1950. Pada 1952 total produksi seri ini mencapai 176.000unit. Morris Mini adalah sebuah cerita yang layak dikenang karena kontribusinya terhadap dunia otomotif, minimal dalam hal seni merancang sebuah mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar