Selasa, 01 Januari 2013

INFINITI M35 Hybrid

Setelah sukses mengembangkan Leaf. mobil Elektrik yang siap dipasarkan, Nissan Motor Co. Ltd. (NMC) juga menciptakan mobil hybrid sebagai jembatan menuju transporter masa depan. Namun sosok sedan bernama M35 Hybrid ini muncul dengan brand mewah  Tentu saja ini merupakan proyek yang tak kalah serius pengembangannya. Berbagi platform dengan Nissan Fuga, Infiniti M35 Hybrid bukan sekadar sedan hybrid belaka, melainkan juga mampu menghadirkan kesenangan mengemudi. Kami kembali beruntung bisa melakukan test drive lnfiniti ramah lingkungan ini berkat undangan PT Nissan Motor Indonesia. Sebagai bagian dari event "Nissan Advenced Technology Briefing!.

Dikatakan, selain ramah lingkungan, tenaga yang mampu disemburkan sedan INFINITI M35 Hybrid ini mampu memuaskan para Driving enthusiast dengan performa yang mengagumkan. Mengandalkan mesin 3.500 cc V6 yang berpadu padan dengan motor listrik melalui perantaraan dua buah kopling. Bila mesin bensinnya mampu memproduksi 302 dk, maka motor listrik hanya 67 dk saja. Dan ketika keduanya bekerja bersamaan, keinginan akan sensasi berkendara langsung terbayar lunas. Kami pun segera me buktikan kemampuannya  dengan mencoba langsung di trek GranDrive. Cara kerjasistemhTbridlnfiniti  bisa dipantau melalui layar monitor di kokpit. Un tuk menghemat bbm, saat  idle motor listriklah yang  bekerja, sementara mesin  bensinnya dalam mode off Kondisi ini terinfo dengan jelas di layar monitor. Demikian pula saat mobil melaju pelan. Dalam kondisi ini mobil masih mengandalkan energi dari paket baterai Litihium-Ion yang menggerakkan motor listrik bertegangan 360 volt. Baru setelah kecepatan mobil berada di atas 70 km/jam, motor listrik akan mati, dan mesin 3.500 cc V6 berperan penuh. 

Trek lurus, tikungan kecil dan besar, hingga banking road menjadi menu pengujian Infiniti M35 Hybrid. Bukan hanya sukses melibas semua bagian sirkuit, keasyikan berkendara tak mengurangi aura kemewahan yang hendak dihadirkan Infiniti. Posisi kemudi, desain panel instrumen, sistem audio, serta layout interiornya sangat menunjang kemewahan Infiniti M35 Hybrid. Demikian pula dengan bantingan serta handlingnya. Kenyamanan mengemudi tetap terjaga, dan handling yang tajam menjadi daya tarik Setting ini membuat mobil mampu melaju dengan mantap di tikungan. Mesinnya responsif, dan tenaga tersalur merata di setiap tingkat putaran. Meski berada di sirkuit,  para instruktur mewantiwanti agar kami tetap menjaga unsur safety dalam mengemudi, dan mesti mengikuti standard operating procedure (SOP) yang berlaku di sana. Setelah sukses mengitari hampir sepertiga sirkuit, tibalah trek lurus di depan mata. 

Performa sedan Infiniti dengan transmisi otomatis 7 -speed ini menglami ujian sebenarnya. Kickdown langsung terjadi begitu pedal gas diinjak dalam. Entakan kuat pun terasa saat mesin gabungan bensin dan motor elektrik memberi tenaga melimpah untuk melesat di trek sepanjang kira-kira 600 meter. Alhasil, kecepatan 180 km/jam pun bisa dengan mudah digapai Infinity M35 Hybrid. Bahkan sang instruktur menambahkan, dalam pengetesan, mobil ini bisa dengan mudah melampaui catatan kecepatan kami. Sensasi test drive sedan hybrid bertenaga brutal pun tersalurkan pada M35 Hybrid.  "
"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar