Rabu, 16 Januari 2013

Ulasan Mazda RX-8

Generasi Terbaru  Mesin Rotari tetap dipertahankan Mazda untuk generasi RX-8 dengan menggunakan dua rotor, tenaga yang dihasilkan mesin itu jadi lebih besar lagi.  Hadirnya Mazda RX-8 meruPakan penerus generasi sang legendarls RX- 7. Perubahan total dari RX-7 ke RX-B terlihat dari disainnya. Mobil sport yang dapat dinaiki empat penumpang tidak lagi dilengkapi pilar B. Tapi konstruksl pintunya diubah. Pintu untuk penumpang belakang yang dibuat kecil berpegang pada tumpuan di pilar C. Sehingga arah bukaan pintu belakang tersebut terbalik (seperti mobil Fiat tahun'50-an). Dengan disain pintu macam ini, akses keluar masuk baik penumPang belakang maupun depan jadi mudah. 

Tidak seperti mobil sport lainnya, iika penumpang belakang ingin masuk/keluar, maka jok bagian depan harus dikedePankan (dimajukan). Karena, umumnya mobil sport hanya menggunakan dua Pintu depan saja. Walau didisain seperti ini (model empat pintu), saat pintu ditutup RX-B layaknya mobil sport berpintu dua  saja. Untuk dapur pacu, Mazda RX-8 tetaP menggunakan jenis mesin rotari generasi terbaru, yaitu Rotary Renesis. Mesin yang dibuat Mazda untuk generasi mendatang ini dilengkapi dua rotor dan mamPu menghasilkan tenaga hingga 250tk pada 6.500rpm dengan torsi maksimum 207Nm pada 5.000rpm. Menurut Mazda, mesin Renesis ini merupakan mesin yang memiliki tenaga paling besar iika dibandingkan dengan mesin-mesin rotari yang telah ada.  Tatkala Anda berada di dalam ruang kokpit, suasana sport begitu kental dapat dirasakan. Jok depan dibuat model bucket lengkap dengan side padding membuat posisi duduk terasa dipeluk dengan kuat. 

Konsol tengah tempat tuas persneling berada, dibuat hampir seiajar dengan jok depan. Alhasil, pengemudi dengan mudah meniangkau dan mengatur perpindahan gigi persneling. Panel instrumen untuk temPat spidometer, tachometer, petuniuk BBM, dan temperatur mesin dibuat model bulat. Stir berukuran 15inci yang dibalut kulit,  membuat genggaman semakin mantap. Untuk meredam keganasan mesin rotari ini, pada keempat roda mobil ini dipasangi rem cakram ABS dan dilengkapi dynamic stabillty control (DSC). Sebagai mobil sport, Mazda RX-8 tetap menggunakan sistem gerak roda belakang. Soal kenyamanan dan kemantapan berkendara, Mazda mempercayakan pada sistem suspensi double wishbone depan dan multi link di roda belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar